Minggu, 15 September 2019

SANG PEBISNIS

BOB SADINO #4

 Bob Sadino adalah seorang pebisnis sukses yang sangat terkenal di Indonesia. Di balik kesuksesannya tersebut terdapat jerih payah yang terus dipupuk selama waktu yang lama. Bob Sadino bukanlah seseorang yang berasal dari keluarga kaya raya. Beliau justru memulai bisnisnya dari modal dengkul.
 Tetapi dengan semangat dan kemauan yang keras, dia akhirnya mampu menjadi salah satu pebisnis tersukses di Indonesia. Semasa hidupnya dia menginspirasi banyak orang yang ingin terjun atau sudah terjun di dunia bisnis.
  Mari simak kata-kata bijak dari Bob Sadino berikut ini:

#1 Diri Sendiri Terlebih Dahulu

“Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.”
  Sebelum Anda berani mencela seseorang karena performanya yang terlihat buruk, pastikan bahwa performa Anda sudah lebih baik daripada orang tersebut.
  Jangan sampai sebagai seorang pemilik bisnis Anda tidak memberikan contoh yang baik kepada karyawan, tetapi mengharapkan mereka dapat secara tiba-tiba memberikan performa yang baik dan menghina mereka saat mereka tidak memiliki arahan yang benar.
  Ingat, ekor akan selalu mengikuti kepalanya. Sebelum meminta ekor melakukan yang benar, pastikan Anda menjalankan tugas sebagai kepala yang baik.

#2 Mengosongkan Gelas Terlebih Dahulu

“Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.”
  Mengosongkan gelas yang dimaksud oleh Bob Sadino bukanlah gelas minuman Anda, melainkan ‘pengetahuan’ Anda. Setiap orang bisa saja memiliki pemikiran yang berbeda dengan Anda.
  Terkadang pemikiran lain tersebut dapat menambah pengetahuan Anda, atau justru memberitahu Anda seperti apa pemikiran yang salah sehingga tidak Anda gunakan.
  Karena itu setiap bertemu dengan seseorang yang baru sebaiknya terbukalah dengan apa yang mereka pikirkan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk diri sendiri.

#3 Bersemangat Ketika Rugi, Bersyukur Ketika Untung

“Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.”
  Rasa syukur merupakan salah satu kunci untuk terus berkembang dalam pekerjaan atau bisnis apapun. Jangan lupa untuk mencari cara agar dapat terus bersyukur dalam segala hal baik atau buruk yang Anda dapatkan.
  Dengan rasa syukur, kejadian buruk sekalipun akan membuat Anda justru semakin bersemangat agar menjadi lebih baik, bukannya bersungut-sungut.

#4 Karyawan dan Bos

“Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apa pun usaha Anda, Anda adalah BOSnya.”
  Membangun sebuah bisnis menuntut Anda untuk menjadi seorang yang berani mengambil risiko tinggi. Sekecil apapun bisnis tersebut akan tetap terlihat lebih ‘menakutkan’ daripada menjadi seorang karyawan yang berada pada zona nyaman. Jangan pernah meremehkan bisnis yang terlihat kecil karena pemiliknya tetap adalah seorang bos, bukan seorang karyawan.

#5 Berhenti Berharap

“Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.”
  Harapan seharusnya membuat Anda menjadi lebih termotivasi dan berpemikiran positif. Hanya saja terkadang manusia lupa bahwa harapan tidak selalu menjadi kenyataan.
  Jika terlalu berharap, bisa jadi Anda tidak siap ketika suatu waktu harapan tersebut tidak tercapai. Bukan berarti Anda tidak boleh berharap untuk mendapatkan sesuatu, tetapi jangan sampai harapan menjadi bumerang yang menjatuhkan Anda pada tahap yang tidak semestinya.

  Di atas adalah beberapa kata-kata bijak oleh Bob Sadino. Saya pribadi mohon maaf apabila masih ada kekurangan. Silahkan tinggalkan saran atau kritik di kolom komentar. Terima Kasih ...

0 komentar:

Posting Komentar